opening

Rabu, 23 Mei 2012

Menerapkan teknik elektronika analog dan Digital



Gerbang logika juga dapat digunakan untuk menyimpan data. Unsur penyimpanan dapat dibangun dengan menghubungkan beberapa gerbang dalam sebuah " latch sirkuit ". Desain yang lebih rumit yang menggunakan sinyal clock dan perubahan yang hanya di tepi naik atau jatuh dari jam disebut edge-triggered " sandal jepit ". Kombinasi dari beberapa sandal jepit di paralel, untuk menyimpan nilai multi-bit, dikenal sebagai register. Ketika menggunakan salah satu gerbang setup sistem secara keseluruhan memiliki memori, tetapi kemudian disebut logika sekuensial sistem karena outputnya dapat dipengaruhi oleh keadaan sebelumnya (s).Sirkuit ini logika dikenal sebagai komputer memori . Mereka berbeda dalam kinerja, berdasarkan faktor-faktor kecepatan, kompleksitas, dan kehandalan penyimpanan, dan berbagai jenis desain yang digunakan berdasarkan pada aplikas

Gerbang fungsi
Semua jenis lain Boolean gerbang logika (yaitu, DAN , ATAU , TIDAK , XOR , XNOR ) dapat dibuat dari jaringan yang sesuai dari gerbang NAND atau NOR .
Untuk input 2 variabel boolean, ada 16 kemungkinan fungsi aljabar boolean. Ini 16 fungsi yang disebutkan di bawah ini, bersama dengan output mereka untuk setiap kombinasi variabel input.
http://bits.wikimedia.org/static-1.20wmf2/skins/common/images/magnify-clip.png
Venn Diagram untuk Logika Gates

INPUT
Sebuah
0
0
1
1

Makna
B
0
1
0
1

OUTPUT
SALAH
0
0
0
0

Apapun A dan B, output adalah palsu. Kontradiksi .
A DAN B
0
0
0
1
Output adalah benar jika dan hanya jika ( IFF ) A dan B adalah benar.
Sebuah \ Tidak \ rightarrowB
0
0
1
0
Seorang tidak berarti B. Benar jika A tetapi B tidak.
Sebuah
0
0
1
1
Benar bila A adalah benar.
Sebuah \ Tidak \ leftarrowB
0
1
0
0
Seorang tidak diterapkan oleh B. Benar jika bukan A tapi B.
B
0
1
0
1
Benar bila B adalah benar.
A XOR B
0
1
1
0
Benar jika A tidak sama dengan B.
A ATAU B
0
1
1
1
Benar jika A adalah benar, atau B benar, atau keduanya.
Sebuah NOR B
1
0
0
0
Benar jika tidak A dan B juga.
A B XNOR
1
0
0
1
Benar jika A sama dengan B.
TIDAK B
1
0
1
0
Benar jika B adalah palsu.
Sebuah \ LeftarrowB
1
0
1
1
Sebuah tersirat oleh B. False jika tidak A tapi B, jika tidak benar.
BUKAN
1
1
0
0
Benar jika A adalah palsu.
Sebuah \ RightarrowB
1
1
0
1
Sebuah menyiratkan B. Salah jika A tetapi tidak B, jika tidak benar.
A NAND B
1
1
1
0
A dan B adalah tidak keduanya benar.
BENAR
1
1
1
1
Apapun A dan B, output adalah benar. tautologi .
Keempat fungsi dilambangkan dengan panah adalah implikasi logis fungsi. Fungsi-fungsi ini tidak biasanya diimplementasikan sebagai sirkuit dasar, tetapi lebih sebagai kombinasi dari gerbang dengan inverter pada satu inpu
Simbol
http://bits.wikimedia.org/static-1.20wmf2/skins/common/images/magnify-clip.png
Sebuah sinkron 4-bit atas / bawah dekade kontra simbol (74LS192) sesuai dengan ANSI / IEEE Std. 91-1984 dan IEC Publikasi 60617-12.
Ada dua set simbol untuk gerbang logika dasar yang umum digunakan, baik didefinisikan dalam ANSI / IEEE Std 91-1984 dan suplemen nya ANSI / IEEE Std 91A-1991. "Bentuk berbeda" yang ditetapkan, berdasarkan skema tradisional, digunakan untuk gambar sederhana, dan berasal dari MIL-STD-806 1950-an dan 1960-an. Kadang-kadang tidak resmi digambarkan sebagai "militer", yang mencerminkan asal-usulnya. The "bentuk persegi panjang" yang ditetapkan, berdasarkan IEC 60617-12 dan standar industri awal, memiliki garis persegi panjang untuk semua jenis gerbang, dan memungkinkan representasi yang lebih luas banyak perangkat daripada yang mungkin dengan simbol-simbol tradisional. Sistem IEC telah diadopsi oleh standar lainnya, seperti EN 60617-12:1999 di Eropa dan BS EN 60617-12:1999 di Inggris.
Tujuan dari IEEE Std 91-1984 adalah untuk menyediakan sebuah metode seragam menggambarkan fungsi logika kompleks sirkuit digital dengan simbol skematik. Fungsi-fungsi ini lebih kompleks daripada sederhana gerbang AND dan OR. Mereka bisa menjadi sirkuit skala menengah seperti counter 4-bit ke rangkaian skala besar seperti mikroprosesor. IEC 617-12 dan penggantinya IEC 60617-12 tidak secara eksplisit menunjukkan "bentuk khas" simbol, tetapi tidak melarang mereka. [1] Ini, bagaimanapun, yang ditunjukkan dalam ANSI / IEEE 91 (dan 91A) dengan catatan ini: "Simbol-bentuk khas adalah, berdasarkan IEC Publication 617 Bagian 12, tidak disukai, tetapi tidak dianggap bertentangan dengan standar itu." Kompromi ini dicapai antara IEEE masing dan kelompok IEC bekerja untuk memungkinkan standar IEEE dan IEC harus sesuai saling satu sama lain.
Sebuah gaya ketiga simbol ini digunakan di Eropa dan masih disukai oleh beberapa, lihat tabel de: Logikgatter # Typen von und Logikgattern Symbolik di wiki Jerman.
Pada 1980-an, skema adalah metode utama untuk merancang papan sirkuit baik dan IC kustom dikenal sebagai array gerbang . Hari ini kustom IC dan array gerbang lapangan Programmable biasanya dirancang dengan Bahasa Deskripsi Hardware (HDL) seperti Verilog atau VHDL .




Kebenaran tabel




INPUT
OUTPUT
Sebuah
B
A DAN B
0
0
0
0
1
0
1
0
0
1
1
1




INPUT
OUTPUT
Sebuah
B
A ATAU B
0
0
0
0
1
1
1
0
1
1
1
1




INPUT
OUTPUT
Sebuah
BUKAN
0
1
1
0
Dalam elektronik sebuah gerbang NOT lebih sering disebut inverter. Lingkaran pada simbol disebut gelembung, dan digunakan dalam diagram logika untuk menunjukkan negasi logika antara negara logika eksternal dan negara logika internal (1 ke 0 atau sebaliknya). Pada diagram sirkuit itu harus disertai dengan pernyataan yang menegaskan bahwa konvensi logika positif atau negatif konvensi logika yang digunakan (tegangan tinggi = 1 atau tingkat tegangan tinggi = 0, masing-masing). Baji ini digunakan dalam diagram sirkuit untuk langsung mengindikasikan (tingkat tinggi tegangan = 0) aktif-rendah input atau output tanpa memerlukan konvensi seragam di seluruh diagram sirkuit. Ini disebut Indikasi Polaritas langsung. Lihat IEEE Std 91/91A dan IEC 60617-12. Kedua gelembung dan apit dapat digunakan pada khas-bentuk dan bentuk persegi panjang simbol pada diagram sirkuit, tergantung pada konvensi logika yang digunakan. Pada diagram logika murni, hanya gelembung tersebut bermakna. 




INPUT
OUTPUT
Sebuah
B
A NAND B
0
0
1
0
1
1
1
0
1
1
1
0




INPUT
OUTPUT
Sebuah
B
Sebuah NOR B
0
0
1
0
1
0
1
0
0
1
1
0





INPUT
OUTPUT
Sebuah
B
A XOR B
0
0
0
0
1
1
1
0
1
1
1
0




INPUT
OUTPUT
Sebuah
B
A B XNOR
0
0
1
0
1
0
1
0
0
1
1
1
Dua gerbang lebih banyak fungsi eksklusif-OR atau XOR dan inversenya, eksklusif-NOR atau XNOR. Masukan dua Eksklusif-OR adalah benar hanya jika kedua nilai masukan berbeda, false jika mereka sama, terlepas dari nilai. Jika ada lebih dari dua input, gerbang menghasilkan benar pada output jika jumlah trues di input adalah ganjil ( [2] ). Dalam prakteknya, gerbang ini dibangun dari kombinasi gerbang logika sederhana
Tiga negara gerbang logika

Penyangga tristate dapat dianggap sebagai saklar. Jika B aktif, saklar ditutup. Jika B tidak aktif, saklar terbuka.

Tiga negara, atau 3-negara, gerbang logika adalah jenis gerbang logika yang memiliki tiga negara bagian output: tinggi (H), rendah (L) dan tinggi impedansi (Z). Negara impedansi tinggi memainkan peran dalam logika, yang tetap ketat biner. Alat ini digunakan pada bus juga dikenal sebagai Bus data dari CPU untuk memungkinkan beberapa chip untuk mengirim data. Sekelompok tiga negara mengendarai sejalan dengan rangkaian kontrol cocok pada dasarnya setara dengan multiplexer , yang mungkin secara fisik didistribusikan melalui perangkat terpisah atau plug-in kartu.
Dalam elektronik, sebuah output tinggi berarti output adalah sumber arus dari terminal listrik positif (tegangan positif). Sebuah output yang rendah berarti output tenggelam saat ini ke terminal listrik negatif (tegangan nol). Impedansi tinggi akan berarti bahwa output secara efektif terputus dari rangkaian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar