opening

Kamis, 22 Maret 2012

Cara membasmi nyamuk secara alami

Nyamuk di rumah seringkali menjadi masalah. Selain nyamuk yang sering berkeliaran di malam hari, nyamuk yang terlihat di siang hari sering kali lebih menakutkan karena bisa jadi nyamuk siang tersebut adalah nyamuk yang dapat menularkan demam berdarah.
Untuk mengusir nyamuk dapat menggunakan obat anti nyamuk yang beredar di pasaran. Ada yang bentuknya spray, obat nyamuk bakar, sampai ke obat nyamuk elektrik. Bagaimanapun karena obat anti nyamuk tersebut merupakan bahan-bahan kimia, sebaiknya penggunaannya dibatasi dan tidak dibiasakan.

Berikut adalah cara-cara alami untuk mengurangi dan mengusir nyamuk dari rumah Anda:
 
* Tanaman pengusir nyamuk
> Zodia. Tanaman yang berasal dari Papua ini memiliki daun pipih panjang berwarna hijau kekuningan. Zat evodiamine dan rutaecarpine yang terkandung tanaman ini tidak disukai nyamuk. Aroma wangi ini akan tercium saat tertiup angin.
 

> Lavender. Bunga tanaman ini berwarna ungu. Bunga lavender ini sudah dikenal dan umum dipakai dalam pembuatan lotion pengusir nyamuk. Cara menggunakan bunga ini agar kulit kita tidak digigit nyamuk adalah dengan menggosok-gosokan bunganya pada kulit kita.
 
> Geranium. Geranium mengandung geraniol dan sitronelol yang menyebabkan nyamuk tidak mau mendekat. Cara memanfaatkan tanaman ini adalah dengan ditempatkan di tempat yang terkena tiupan angin, karena aroma geranium akan tercium bila daunnya saling bergesekan.
 
> Serai. Tanaman yang termasuk bangsa rumput-rumputan ini tidak disukai nyamuk karena adanya zat geraniol dan sitronelal. Ekstrak serai juga telah dimanfaatkan dalam pembuatan lotion pengusir nyamuk dengan aromanya yang khas.
 
> Rosemary. Daunnya berbentuk jarum dan memiliki bunga ungu kecil. Dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dengan menggosok-gosokan daunnya ke kulit. Aroma yang dihasilkan mirip seperti aroma minyak kayu putih. Aroma ini dapat mengacaukan penciuman dan nyamuk.
 
* Jangan biasakan menggantung terlalu banyak pakaian dan menumpuk barang-barang di kamar. Nyamuk senang bersembunyi di tumpukan barang dan kain yang bergelantungan.
 
* Pasang kassa nyamuk di jendela rumah anda dan apabila anda suka membuka pintu, pasanglah pintu tambahan berupa pintu teralis yang dapat dipasang kassa nyamuk. Dengan cara ini sirkulasi udara di rumah anda tetap lancar dan nyamuk pun tidak bisa masuk.
Kalau belum memasang kassa nyamuk, tutuplah pintu dan jendela pada sore hari menjelang malam (kira-kira jam 17-19) dan jangan buka pintu dan jendela di pagi hari sebelum sinar matahari bersinar (sekitar jam 4-5), karena biasanya pada jam-jam ini nyamuk mulai beraksi untuk masuk ke dalam rumah.

1 komentar: